Penerimaan Konsep PSH oleh Pemerintah Indonesia

Posted: 17 Oktober 2012 in PENDIDIKAN

Pendidikan ialah proses melatih akaliah, jasmaniah dan moral manusia untuk melahirkan warganegara yang baik serta menuju ke arah kesempurnaan bagi mencapai tujuan hidup.

Tirtarahardja dan S.L. La Sulo, dalam buknya “Pengantar Pendidikan” (2005:42), mengemukakan salah satu konsep pendidikan itu adalah Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH), mengatakan bahwa konsep PSH sudah ada sejak zaman Rasulullah, sesuai sebuah hadis, “Tuntutlah ilmu sejak di buaian hingga ke liang lahat”.

Pada dasarnya PSH bertumpu pada keyakinan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, tetapi  PSH merupakan suatu proses berkesinambungan yang berlangsung sepanjang hidup. Dalam konsep PSH disebutkan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, melainkan merupakan suatu proses berkesinambungan dan berlangsung sepanjang hidup.

Dalam kenyataan hidup sehari-hari sudah dapat  dilihat bahwa pada hakikatnya orang belajar sepanjang hidup, meskipun dengan cara yang berbeda dan melalui proses yang tidak sama. Jelasnya tidak ada batas usia yang menunjukkan tidak mungkinnya dan tidak dapatnya orang tersebut belajar.

Dorongan belajar sepanjang hayat itu terjadi karena dirasakan sebagai suatu kebutuhan. Setiap orang merasa butuh untuk mempertahankan hidup dan kehidupannya dalam menghadapi dorongan-dorongan dari dalam dan tantangan alam sekitar yang selalu berubah. Sepanjang hidupnya manusia memang tidak pernah berada di dalam suatu tempat. Mereka dituntut untuk mampu menyesuaikan diri secara aktif, dinamis, kreatif dan inovatif terhadap diri dan kemajuan zaman.

PSH yang dalam aplikasinya telah lama berlangsung secara alamiah dalam kehidupan manusia itu dalam perjalanannya menjadi pudar, disebabkan oleh semakin kuatnya kedudukan sistem pendidikan persekolahan di tengah¬tengah masyarakat. Sistem pendidikan persekolahan yang polanya telah mentradisi membentuk masyarakat tersendiri dan memisahkan diri dari lingkungan masyarakat luas dengan pagar pekarangan sekolah, mendindingi kelas, membatasi waktu belajarnya sampai usia tertentu dan jangka waktu tertentu. Seolah-olah sekolah membentuk masyarakat khusus yang mempersiapkan diri untuk kehidupan di hari depan, bukan kehidupan sekarang ini, dengan membekali diri berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan menurut porsi yang telah ditetapkan dengan keyakinan bahwa bekal tersebut pasti cocok dengan tuntutan zaman. Tetapi pada kenyataan bahwa masyarakat selalu berubah dengan membawa tuntutan-tuntutan baru. Bekal yang telah dipersiapkan secara baku pada saat seseorang ditempa di sekolah tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dilapangan yang akan diterjuni.

Akan tetapi, sejauh ini konsep pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan pendekatan dalam kurikulum yang ada. Kualitas pendidikan di Indonesia yang hanya cenderung mengekang kreativitas berpikir dan berkarya serta menciptakan pekerjaan. Kurikulum yang ada dalam sietem pendidikan di Indonesia saat ini sangat membuat peserta didik menjadi pintar namun tidak menjadikan cerdas. Pengembangan kreativitas ini disebabkan pula karena kentalnya paradigma yang mengarahkan masyarakatnya pada penciptaan tenaga kerja untuk pemenuhan industri.

Waktu belajar adalah seluruh waktu hidup manusia & setiap pengetahuan membentang dan menantang untuk dikuasai guna meningkatkan kualitas pendidikan di kehidupan manusia. Pendidikan sudah semakin beragam, tugas-tugas dan bentuknya melingkupi pengetahuan hidup tentang dunia, manusia lain, dan diri mereka sendiri.

Untuk itu pemerintah Indonesia harus meningkatkan lagi kualitas pendidikan di Indonesia agar lebih baik dan lebih maju yaitu dengan cara memberikan masyarakat Indonesia bagaimana belajar mengetahui pendidikan, belajar berbuat, belajar hidup bersama dan belajar menjadi seseorang. PSH itu sendiri memberikan kekuatan motivasi bagi peserta didik agar masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan belajar berdasarkan dorongan yang diarahkan oleh dirinya sendiri, dengan cara berpikir dan berbuat didalam dan terhadap dunia kehidupanya serta PSH akan berguna untuk masa depan yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s